Langsung ke konten utama

TULISAN EVENT 1

Audio for Film

Setelah sebelumnya mengadakan workshop Basic of Sound Desain, Jogja Audio School (JAS) kembali menyelenggarakan workshop bertajuk Audio for Film. Workshop Audio for film menjadi salah satu rangkaian workshop yang diadakan oleh Jogja Audio School (JAS) di STMM Yogyakarta. Fahmi Arsyad Said tampil sebagai pembicara dalam workshop yang bertempat di Joint Lecture Room (JLR) (16/4). 
Sejak pukul 16.30 WIB peserta workshop sudah mulai berdatangan di JLR sebagaimana yang dijadwalkan. Namun workshop sendiri baru dimulai pada pukul 17.00 dikarenakan adanya kendala teknis berkaitan dengan koneksi antara layar dan laptop.
Workshop dibuka dengan tayangan film pendek garapan Fahmi Arsyad Said yang disutradarai Hanung Bramantyo. Film berjudul The Power of Love (2011) persembahan Mahaka Pictures. Bercerita tentang perjuangan pendiri PT Astra Internasional yang diperankan oleh Reza Rahardian dan Laura Basuki yang berperan sebagai istrinya. Backsound yang berganti-ganti sesuai suasana yang tergambar dalam tiap adegan membuat film ini semakin menarik.
gambar cuplikan adegan film The Power of Love

 “Pahit” kata Fahmi berkomentar tentang film ini. Hal ini dikarenakan semua suara yang ada dalam film The Power of Love dibuat satu persatu. Dilayar ditampilkan juga aplikasi Cubase 7,5 yang digunakan dalam pembuatan audio dalam film ini. Dimana audio dinamai berdasarkan adegan.
Peserta workshop bukan hanya berasal dari MMTC tapi juga dari Atmajaya dan ISI. Antusiasme peserta terlihat saat sesi diskusi berlangsung. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan seputar audio film yang diajukan para peserta kepada Fahmi.  Workshop terasa semakin menarik ketika peserta disajikan tayangan foley orang  menunggang kuda yang ternyata dibuat dengan suara manusia.
Kritisi audio for film juga disampaikan Fahmi dalam workshop ini. Menurutnya profesi sebagai audio engineer tidak banyak peminatnya. “semua ingin menjadi prodeser dan DoP yang keduanya dianggap pekerjaan paling seksi”. Jelas Fahmi berkaitan dengan fenomena tersebut.  Namun nyatanya pekerjaan audio engineer itu mudah dan tidak seribet yang dibayangkan. Belum lagi penghasilan yang didapatkan begitu menjanjikan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kontribusi Public Relation dalam Organisasi

Kontribusi Public Relation dalam Organisasi Oleh : Merita Ratih Indriyana (Merita) 01312146045 Salah satu indikator keberhasilan suatu organisasi adalah reputasi yang baik dalam memberikan hasil nyata dan berorientasi tujuan. Berangkat dari hal tersebut keberadaan Public Relations dirasa sangat penting pada suatu organisasi. Menjalankan fungsi manajemen menjadikan Public Relations sangat menentukan kesuksesan dan kegagalan organisasi dalam membangun dan mempertahankan hubungan dengan publiknya. Maka tak mengherankan apabila saat ini berbagai bidang organisasi menggunakan jasa seorang Public Relations, mulai dari organisasi pemerintahan, pendidikan, perbankan, perindustrian, perdagangan hingga organisasi Internasional. Menurut Charles S. Steinberg, Public Relations atau dalam Bahasa Indonesia biasa disebut Hubungan Masyarakat atau disingkat Humas adalah usaha untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara suatu badan dengan publiknya, usaha untuk memberikan atau menampakkan k

TULISAN EVENT 3

Pesta Demokrasi STMM Yogyakarta Hari ini (5/5) pesta demokrasi dalam bentuk pemilihan ketua BEM dilakukan di STMM Yogyakarta. Pemilihan mulai dilakukan dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB di depan ruang pengajaran STMM Yogyakarta. Untuk kemudian langsung diadakan perhitungan suara yang hasilnya akan diumumkan di MMTC Radio. Hizkia Levino Panggabean (MATEKSTOSI), Nadiyas Utami Pratiwi (MANAPRODSI), dan Arif Wicaksana Wijanarko (MIK) merupakan kandidat ketua BEM yang mewarnai pesta demokrasi di STMM Yogyakarta masa bakti 2015-2016. Sebelumnya Ketiga Calon ketua (Caket) ini telah diseleksi dan dianggap memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh pengurus BEM dan lembaga. Adapun kriteria tersebut antara lain, merupakan mahasiswa aktif STMM Yogyakarta semester 4, IPK diatas 3,25 , memiliki tanggung jawab dan visi misi. tampilan surat suara Reorganisasi ketua BEM MMTC rutin dilakukan setiap tahun.  Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemilihan ketua BEM pada tahun ini

Petruk Lan Gareng Sobo Hadeging Nagari Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat 268

Petruk Lan Gareng Sobo Hadeging Nagari Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat 268 “ Pulang ke kotamu . Ada setangkup haru dalam rindu . Masih seperti dulu tiap sudut . Menyapaku . Bersahabat penuh selaksa makna . Terhanyut aku akan nostalgia . Saat kita sering luangkan wakt u. Nikmati bersama suasana jogja ......” Dua punakawan kondang sedang on the way menuju bumi. Seiring dengan lantunan merdu lirik yang terdengar saat mereka melintasi kayangan dalam perjalanan menuju ke bumi dan mendarat tepat di suatu kota yang indah bernama Yogyakarta. Lagu yang dinyayikan makhluk bumi yang disebut manusia. Sebelum mereka sampai ke Yogyakarta mereka bertransformasi ke wujud manusia. Agar terlihat normal. Petruk : Reng, kepriye yen awak e dewe ngerubah wujud dadi manungso? Gareng : Lho la ngopo? Petruk : Yo ben ketok normal to, mosok awak e dewe melakukan peyelidikan nganggo wujud koyo ngene. Engko sing ono kabeh podo wedi. Gareng : Ooooo yo bener-bener. Yo wis ayo ngerubah wujud da