Langsung ke konten utama

GRASS ROOT OH GRASS ROOT (Edisi Petugas Keamanan)

GRASS ROOT OH GRASS ROOT
(Edisi Petugas Keamanan)

Mungkin kebanyakan dari anda sering memandang sebelah mata pekerjaan “grass root”. Namun tahukah anda bahwa pekerjaan tersebut juga memiliki peran penting dalam menunjang kegiatan eksternal suatu instansi. Pernahkah anda berpikir bahwa hanya orang-orang strong lah yang bisa melakukannya. Mengingat betapa besar tanggung jawab dan resiko pekerjaan yang ditanggungnya dalam mewujudkan kelancaran, kenyaman dan keamanan suatu instansi. Suatu instansi layaknya sebuah tubuh yang membutuhkan kelengkapan organ. Hilangya satu anggota tubuh saja tentu akan membutnya tidak bisa melakukan pekerjaan secara maksimal. Begitu halnya dengan grass root. Tanpa adanya grass root ketimpangan organisasi tentu akan nampak dan terasa bagi kegiatan instansi tersebut.
Nah, mengingat pentingnya peran grass root bagi instansi, Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan khusus dunia broadcasting (penyiaran) yang berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia juga menggunakan jasa para grass root ini. Mulai dari satpam hingga petugas kebersihan.
Purwanto merupakan salah satu dari sekian banyak grass root di Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta. Dengan jabatan anggota satpam yang diembannya selama mengabdi di Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta terhitung sejak tahun 2010. Ia dengan gigih menjaga keaman lingkungan Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta dan dengan siap siaga di area gerbang untuk melayani setiap orang yang datang. Senyum sarat keramahan senantiasa diumbar agar setiap orang merasa nyaman.
Pergi pagi pulang petang atau pergi petang pulang pagi adalah istilah yang cocok untuk Purwanto. Pasalnya dengan sistem kerja shift ia terkadang harus mulai pekerjaanya sejak pukul 07.00 WIB hingga 17.30 WIB atau sebaliknya dari pukul 17.30 WIB hingga pukul 07.00 WIB. Dengan posisi rumah yang berada di Tegal Rejo Yogyakarta Ia harus berangkat sepuluh menit sebelum jam kerja.
Pria asal Kulon Progo ini mengontrak rumah di Tegal Rejo bersama istrinya. Sang istri bekerja di kantin SMA 9 Yogyakarta. Nasib sedih sempat menimpa pasangan suami istri ini. disaat kebahagiaan menanti momongan kembar yang tinggal satu bulan lagi hadir kemuka bumi untuk melengkapi keluarga kecil ini seketika sirna saat istrinya harus mengalami keguguran di usia kandungan delapan bulan. Sehingga harus dioperasi cesar.
Itulah sedikit kehidupan pribadi Purwanto. Terlepas dari kehidupan pribadinya, perjalanan karirnya ternyata tidak selalu mulus. Banyak duka yang tersimpan di dalamnya. Misalnya saja pembayaran gaji yang tidak tepat waktu. Namun untungnya duka itu sudah berakhir dan tidak selamanya dirasakan seiring bergantiya ketua Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta. Pembayaran gaji juga dimajukan pada tanggal 24 setiap bulannya, apabila tanggal 1 libur. Kebijakan baru ini dirasa menguntungkan baginya.
Grass root juga manusia. Ia selalu punya unek-unek untuk kemajuan Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta dan menjadikan Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta lebih baik. Pertama, berkaitan denga tata tertib mahasiswa yang menurutnya masih kurang, dimana banyak mahasiswa memakai celana pendek dan sandal jepit di area Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta. Kedua, tidak adanya area bebas rokok di Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta. Ketiga, ia berharap agar petugas keamanan lebih diperhatikan oleh kaum atasan. Semoga ini bisa menjadi pertimbangan para atasan. Semua demi Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta yang lebih baik.
Itulah sekelumit sisi lain dari seorang petugas keamanan di Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta. Semoga saja kita dapat mengambil pelajaran darinya. Jika mindset buruk tentang grass root ada di pikiran anda, semoga setelah membaca artikel ini mindset anda bisa berubah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kontribusi Public Relation dalam Organisasi

Kontribusi Public Relation dalam Organisasi Oleh : Merita Ratih Indriyana (Merita) 01312146045 Salah satu indikator keberhasilan suatu organisasi adalah reputasi yang baik dalam memberikan hasil nyata dan berorientasi tujuan. Berangkat dari hal tersebut keberadaan Public Relations dirasa sangat penting pada suatu organisasi. Menjalankan fungsi manajemen menjadikan Public Relations sangat menentukan kesuksesan dan kegagalan organisasi dalam membangun dan mempertahankan hubungan dengan publiknya. Maka tak mengherankan apabila saat ini berbagai bidang organisasi menggunakan jasa seorang Public Relations, mulai dari organisasi pemerintahan, pendidikan, perbankan, perindustrian, perdagangan hingga organisasi Internasional. Menurut Charles S. Steinberg, Public Relations atau dalam Bahasa Indonesia biasa disebut Hubungan Masyarakat atau disingkat Humas adalah usaha untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara suatu badan dengan publiknya, usaha untuk memberikan atau menampakkan k

TULISAN EVENT 3

Pesta Demokrasi STMM Yogyakarta Hari ini (5/5) pesta demokrasi dalam bentuk pemilihan ketua BEM dilakukan di STMM Yogyakarta. Pemilihan mulai dilakukan dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB di depan ruang pengajaran STMM Yogyakarta. Untuk kemudian langsung diadakan perhitungan suara yang hasilnya akan diumumkan di MMTC Radio. Hizkia Levino Panggabean (MATEKSTOSI), Nadiyas Utami Pratiwi (MANAPRODSI), dan Arif Wicaksana Wijanarko (MIK) merupakan kandidat ketua BEM yang mewarnai pesta demokrasi di STMM Yogyakarta masa bakti 2015-2016. Sebelumnya Ketiga Calon ketua (Caket) ini telah diseleksi dan dianggap memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh pengurus BEM dan lembaga. Adapun kriteria tersebut antara lain, merupakan mahasiswa aktif STMM Yogyakarta semester 4, IPK diatas 3,25 , memiliki tanggung jawab dan visi misi. tampilan surat suara Reorganisasi ketua BEM MMTC rutin dilakukan setiap tahun.  Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemilihan ketua BEM pada tahun ini

Petruk Lan Gareng Sobo Hadeging Nagari Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat 268

Petruk Lan Gareng Sobo Hadeging Nagari Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat 268 “ Pulang ke kotamu . Ada setangkup haru dalam rindu . Masih seperti dulu tiap sudut . Menyapaku . Bersahabat penuh selaksa makna . Terhanyut aku akan nostalgia . Saat kita sering luangkan wakt u. Nikmati bersama suasana jogja ......” Dua punakawan kondang sedang on the way menuju bumi. Seiring dengan lantunan merdu lirik yang terdengar saat mereka melintasi kayangan dalam perjalanan menuju ke bumi dan mendarat tepat di suatu kota yang indah bernama Yogyakarta. Lagu yang dinyayikan makhluk bumi yang disebut manusia. Sebelum mereka sampai ke Yogyakarta mereka bertransformasi ke wujud manusia. Agar terlihat normal. Petruk : Reng, kepriye yen awak e dewe ngerubah wujud dadi manungso? Gareng : Lho la ngopo? Petruk : Yo ben ketok normal to, mosok awak e dewe melakukan peyelidikan nganggo wujud koyo ngene. Engko sing ono kabeh podo wedi. Gareng : Ooooo yo bener-bener. Yo wis ayo ngerubah wujud da